Kamis, 18 Januari 2018

5 Bangunan Memukau yang Dirancang oleh Ridwan Kamil
Hasil gambar untuk ridwan kamil arsitek

Walikota Bandung saat ini, Ridwan Kamil dikenal sebagai salah satu arsitek Indonesia yang sudah banyak berpengalaman mendesain berbagai bangunan yang terkenal unik, indah, sederhana, serta terkesan mewah. Beliau merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung dan University California, Berkeley. Beliau juga mendirikan Urbane, perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konsultan perencanaan, arsitektur dan desain dan telah mengerjakan berbagai proyek didalam negeri maupun diluar negeri.

Nah berikut ini daftar bangunan hasil karya desain arsitektur Ridwan Kamil yang terkenal karena konsep yang unik dan desainnya yang memuka. Simak yuk artikel berikut!

1. Masjid Merapi

5 Bangunan yang Dirancang Ridwan Kamil dengan Memukau
uncubemagazine.com

Ridwan Kamil dikenal sering terlibat dalam proses pembangunan beberapa masjid. Salah satunya Masjid Merapi. Masjid ini berada di Dusun Kopeng Desa Kepuhardjo di lereng selatan Merapi. Masjid itu merupakan salah satu proyek corporate social responsibility (CSR) Baitul Maal Muamalat. Hal yang menarik yaitu masjid ini dibangun dari susunan batako yang ternyata salah satu bahannya merupakan abu letusan Gunung Merapi yang menyelimuti desa. Lewat karya ini Ridwan Kamil berpesan jika musibah bisa menjadi berkah dan jangan pernah berhenti berimajinasi dengan sesuatu yang ada.

2. Rumah Botol

5 Bangunan yang Dirancang Ridwan Kamil dengan Memukau
abouturban.com

Rumah Walikota Bandung, Ridwan Kamil, terletak di Jalan Cigadung, Bandung. Bangunan unik ini berhasil meraih penghargaan Green Design Award dari Asia Building Construction Information (BCI) pada tahun 2009. Rumah yang dirancang dengan konsep ‘courtyard house’ ini dibangun dengan lebih dari 30000 botol bekas minuman berenergi sebagai bahan kontruksinya. Selain fungsinya sebagai penopang bangunan, botol-botol bekas ini juga dikenal dapat menghemat energi karena tidak perlu pendingin ruangan karena panas matahari terperangkap dalam botol sekaligus sebagai penerang ruangan di siang hari.

3. Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi

5 Bangunan yang Dirancang Ridwan Kamil dengan Memukau
skyscrapercity.com

Masjid tanpa kubah ini punya gaya arsitektur sederhana tapi terkesan mewah. Salah satu penanda bangunan sebuah masjid yaitu menara tinggi dengan kubah berbentuk seperti bawang. Masjid ini didesain tanpa jendela namun terdapat banyak lubang ventilasi dan di masing-masing bloknya terdapat tulisan "Laa Ilaha Illallah". Meskipun tidak terlalu besar dengan luas 1320 m2, masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak 1500 orang karena didesain bertingkat.

4. Museum Tsunami Aceh

5 Bangunan yang Dirancang Ridwan Kamil dengan Memukau
majalahasri.com

Museum ini dirancang sebagai monumen simbolis dari peristiwa tsunami Aceh di tahun 2004 lalu. Bangunan ini memiliki luas 2500 m2 dan terdiri dari 4 lantai serta dinding lengkungnya dihiasi relief geometris. Karena dibangun untuk mengenang peristiwa tsunami Aceh, di dinding ruangan terdalam bangunan ini terdapat nama-nama korban tsunami. Selain itu, di museum ini juga terdapat simulasi peristiwa gempa bumi dan tsunami Aceh dan berbagai foto-foto, diorama, dan berbagai kisah korban yang menggambarkan betapa mengerikannya peristiwa tersebut.

5. Masjid Al-Irsyad

5 Bangunan yang Dirancang Ridwan Kamil dengan Memukau
sebandung.com

Masjid yang dibangun pada tahun 2009 ini terletak di Padalarang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Masjid Al-Irsyad diresmikan pada 17 Ramadan 1431 Hijriah tepatnya 27 Agustus 2010 silam. Dengan luas 1871 m2, masjid ini mampu menampung 1500 orang jamaah. Masjid dengan arsitektur yang memukau ini banyak meraih penghargaan internasional. Karena didesain mirip bangunan Ka'bah, masjid ini tidak memiliki kubah. Dinding masjid terbuat dari bata yang disusun dengan pola membentuk lubang ventilasi diantara bata solid dan jika dilihat dari kejauhan lubang tersebut membentuk kalimat syahadat. Desain interiornya pun cukup unik dengan area depan mimbar yang terbuka dan terdapat kolam dihiasi bola besi dengan lafadz "Allah" menambah suasana ketenangan dalam beribadah di dalam masjid ini.

source : https://hype.idntimes.com/fun-fact/yanuar-ramadhan-1/5-bangunan-ini-didesain-ridwan-kamil-dengan-konsep-desain-yang-memukau-c1c2/full

Aspiring architect and graphic designer. I design buildings and write about it. My interests revolve around urban architecture, people, graphics, arts and culture.

0 komentar:

Posting Komentar

Have a Question?

Contact Us
RUSMANA
+123-456-789
Jakarta, Indonesia

Diberdayakan oleh Blogger.