Kamis, 14 Desember 2017

Trend Arsitektur Tenda
Hasil gambar untuk arsitektur tenda
Tenda sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu, bahkan sudah tercatat dari mulai peradaban Mesir kuno. Trend desain dan model tenda silih berganti, kini trend tersebut kembali ke jaman ribuan tahun yang lalu. Trend terkini dari desain dan model tenda ialah tenda layar atau bisa disebut juga Shade Sail, desan dan model tenda layar ini lebih mengutamakan penggunaan tali atau kawat untuk membentangkan kain / bahan atap, tali-tali tersebut ditarik dan diikatkan pada sebuah objek ataupun dengan membuat tihang pancang.

Bahan tihang pancang yang digunakan untuk jenis tenda layar bisa apa saja, mulai dari kayu hingga besi. Kebanyakan pemasangan tenda layar hari ini menggunakan tihang besi membrane, walapun juga tetap ada yang menggunakan kayu. 

Canopy for exit of customer center of Autostadt in Wolfsburg. GRAFT, Berlin (2013). http://graftlab.com/portfolio_page/autostadt-roof-and-service-pavilion/ http://www.sbp.de/de/build/show/2768-%C3%9Cberdachung_der_Ausfahrt_vor_dem_KundenCenter_der_Autostadt_in_Wolfsburg http://structurae.net/photos/231931-roof-over-autostadt-client-center-exit
Besi membrane juga menjadi bahan utama untuk pembuatan struktur tenda membrane, yaitu tenda yang dibangung menggunakan struktur besi membrane yang dibentuk sedemikian rupa dengan atap dari bahan kain PVC. Bahan kain atap untuk tenda layar maupun tenda membrane hampir serupa, walaupun pada dasarnya terdapat bahan jenis lain yang bisa digunakan, selama bahan atap tersebut bisa bertahan lama dan tentunya dapat menahan air hujan.
Bioarquitetura = https://www.pinterest.com/pin/560698222350662785/

Popularitas tenda kain layar ini kini semakin meningkat, pasalnya bentuk tenda ini sangat fleksibel dan dapat dibentuk secara bebas. Tentunya hal ini menjadi pilihan bagi banyak orang, pasalnya banyakorang yang menginginkan desain dan model tnda mereka lebih artistik danmenyatu dengan lengkungan sekitar. 

Aspiring architect and graphic designer. I design buildings and write about it. My interests revolve around urban architecture, people, graphics, arts and culture.

0 komentar:

Posting Komentar

Have a Question?

Contact Us
RUSMANA
+123-456-789
Jakarta, Indonesia

Diberdayakan oleh Blogger.